Demi meningkatkan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) para agen dan pemandu wisata (guide) yang beraktivitas di Kabupaten Kotawaringin Barat, Balai Taman Nasional Tanjung Puting (BTNTP) menggelar kegiatan pelatihan “Peningkatan Kapasitas SDM Sebagai Interpreter” di aula Tourism Information Center (TIC) Kecamatan Kumai, yang berlangsung selama 6 (enam) hari dimulai pada hari selasa (24/04/2018) hingga minggu (29/04/2018).

Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM sebagai interpreter oleh Bupati Kotawaringin Barat, Ibu Hj. Nurhidayah, SH., MH.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Kotawaringin Barat, Ibu Hj. Nurhidayah, MH itu, diikuti oleh sekitar 150 pemandu dan agen wisata. Sementara itu, President of Orangutan Foundation International (OFI), Ibu Biruté Mary Galdikas  dalam sambutannya menyanpaikan bahwa banyaknya kedatangan turis di Kobar bila dibandingkan dengan daerah lain, tidak bisa dipungkiri terjadi, lantaran keberadaan TNTP yang di dalamnya terdapat habitat orangutan.

Sambutan dari President of Orangutan Foundations, Dr. Biruté Mary Galdikas

Dinas Pariwisata yang menjadi salah satu pemateri dalam pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata, Bapak Drs. H. Gusti Imansyah, M.Si selaku narasumber yang membawakan tema “Histori dan Budaya Kerajaan Kotawaringin”. Dalam presentasi yang dibawakan oleh beliau, para pemandu dan agen wisata harus mengetahui sejarah Kotawaringin Barat yang dimulai dari berdirinya Kerajaan Islam Kotawaringin, hingga budaya-budaya peninggalan apa saja yang masih dilakukan oleh masyarakat hingga saat ini agar dapat menerangkan secara singkat kepada wisatawan yang datang ke Kotawaringin Barat.