Home » BERITA » Peserta Wonderful Sail 2 Indonesia Kumai 2018 Takjub Dengan Pesona Kotawaringin Barat

Peserta Wonderful Sail 2 Indonesia Kumai 2018 Takjub Dengan Pesona Kotawaringin Barat

Para yachter yang mengikuti event Wonderful Sail to Indonesia 2018 dengan titik labuh di dermaga wisata Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dibuat takjub dengan keindahan dan keragaman budaya yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat. Seluruh peserta (yachter) merasa puas dengan suguhan atraksi budaya dan pariwisata yang telah disusun oleh Tim Panitia Daerah, dalam hal ini oleh Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat yang diselenggarakan pada hari senin, tanggal 08 Oktober 2018 lalu.

Untuk diketahui, event Wonderful Sail 2 Indonesia (WS2I) ini berlangsung dari bulan Juli hingga November 2018 yang diikuti 70 yacht dari berbagai negara ini akan singgah di 21 destinasi titik labuh di seluruh Indonesia dan salah satunya adalah Kumai di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Program City Tour untuk peserta Sail Indonesia, dilaksanakan sehari penuh dimulai sejak pagi hingga malam hari, yang ditutup dengan acara Gala Dinner para peserta bersama tamu undangan, bertempat di halaman Istana Kuning, sebagai puncak acaranya.
Adapun itenerary tour yang membuat para wisatawan tersebut sangat antusias, dimulai dari Dermaga Wisata Kumai,

diajak menuju Rumah Betang di Desa Pasir Panjang, sebuah rumah adat khas suku Dayak yang dihiasi dengan atraksi/penampilan tari penyambutan adat dan permainan tradisional (menyumpit dan bagasing).
Setelah dari Rumah Betang, para peserta Sail diajak untuk mengunjungi Astana (Rumah) Mangkubumi, salah satu ikon sejarah yang masih terawat dari Kesultanan Kotawaringin yang berada ditengah kota Pangkalan Bun. Mereka disambut dengan suguhan minuman tradisional, penjelasan silsilah kerajaan, serta penjelasan tentang rumah kuno dan barang-barang bersejarah dan mengunjungi Kolam Pemandian Putri Tujuh.

Puas di Astana Mangkubumi, destinasi selanjutnya adalah mengunjungi Kampung Pelangi di bantaran Sungai Arut. Disini mereka diajak untuk susur sungai arut menggunakan getek (perahu tradisional), berinteraksi dengan masyarakat setempat dan disuguhi tontonan lomba-lomba Festival Batang Arut 2018, salah satu yang paling menarik perhatian wisatawan adalah lomba Kayuh Belawan yang juga dilaksanakan pada hari tersebut di Kampung Pelangi.

Tujuan terakhir setelah dari Kampung Pelangi, adalah Istana Kuning untuk memperkenalkan Istana yang masih berdiri megah dan menjadi saksi sejarah pendirian Kabupaten Kotawaringin Barat ini, sekaligus pelaksanaan acara Gala Dinner bersama para tamu undangan, yang juga dihadiri oleh Prof. Dr. Dwisuryo Indroyono Soesilo, Msc., selaku Ketua Tim Percepatan Wisata Bahari dari Kementerian Pariwisata, perwakilan dari Gubernur Kalimantan Tengah, Ibu Hj. Nurhidayah, SH., MH., selaku Bupati Kotawaringin Barat, Bapak Ahmadi Riansyah selaku Wakil Bupati Kotawaringin Barat, Dr. Birute Galdikas dari Orangutan Foundations, para pimpinan dari unsur Forkopinda serta pimpinan dari Kabupaten tetangga yaitu Bupati Lamandau dan Bupati Seruyan.

Galeri foto event Welcoming Sail 2 Indonesia, Kumai 2018

 

TANGGAPAN VIA FACEBOOK

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Maaf! Konten kami proteksi!!