Home » DESTINASI WISATA » Istana Kuning

Istana Kuning

Istana Kuning merupakan salah satu destinasi wisata heritage di Kotawaringin Barat. Menjadi saksi sejarah kehidupan kesultanan di Kotawaringin Barat. Di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi bernilai sejarah mulai dari sultan I hingga ke 15. Keseluruhan bangunan terbuat dari kayu ulin.

Jika mendengar nama Istana Kuning, mungkin kita berpikir bahwa istana ini berwarna kuning. Namun ternyata tidak, warna kuning hanya terdapat pada sebagian tiang yang ada di dalam. Jika di wilayah Jawa, istana identik dengan bangunan nan megah berbahan batu bata, namun di Istana Kuning, didominasi oleh kayu ulin yang berwarna coklat kehitaman. Kata Kuning disematkan sebagai simbol kemakmuran, kesejahteraan dan kejayaan.

Dahulu, Pangeran Imanuddin Bin Pangeran Ratu Anum Kusumayudha bergelar Pangeran Ratu Muhammad Imanuddin setelah dinobatkan sebagai Ratu Kutaringin ke-9 memiliki gagasan yang mengejutkan, yaitu memindahkan pusat kesultanan. Ibukota Kesultanan Kutaringin dipindahkan dari Kutaringin dipindahkan dari Kutaringin ke tepian Sungai Arut.

Ia mengeluarkan amanah yang berbunyi, “Kudirikan Negeri Sukabumi Kutaringin Baru Pangkalan Bu’un untuk anak-anakku, cucu-cucuku, keturunanku dan orang-orang yang mau berdiam di negeriku dalam pangkuan Kesultanan Kutaringin”

Inilah yang menjadi awal mula berdirinya Negeri Sukabumi di Kutaringin Baru.

TANGGAPAN VIA FACEBOOK

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Maaf! Konten kami proteksi!!