INFO PARIWISATA
Home » BERITA » Fokus Group Discussion Investasi Pariwisata

Fokus Group Discussion Investasi Pariwisata

Tidak dapat disangkal, pariwisata merupakan sektor yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kesempatan ekonomi terutama bagi usaha kecil dan menengah. Untuk itu investasi di sektor pariwisata perlu didorong agar lebih maju dan cepat bergerak.

Melalui Deputy Destinasi dalam hal ini Asisten Deputi Pengembangan Investasi Pariwisata telah melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion. Kegiatan yang dihadiri oleh Bpk. Asdi Narang, Anggota Komisi X DPR-RI, Asisten Deputy Bidang Pengembangan Investasi Hengky Manurung, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Kalteng, DR. Guntur Talajan, juga kepala Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat, Drs. H. Gusti Imansyah, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat menegaskan bahwa keberhasilan sektor pariwisata merupakan keberhasilan membangun pinergitas para pihak terkait Masyarakat (pelaku wisata), Swasta dan Pemerintah. Oleh karena Investasi Pembangunan Pariwisata perlu meningkatkan koordinasi pihak terkait dan tentu pengenalan dan pemasaran destinasi yang ada di masing-masing daerah.

Seperti di Kabupaten Kotawaringin Barat jelasnya, destinasi wisata relatif lebih lengkap dibanding kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah. Kabupaten Kotawaringin Barat, memiliki destinasi wisata alam seperti; Taman Nasional Tanjung Puting, Taman Wisata Alam Tanjung Keluang, Taman Laut Gosong Sanggora, Pantai Wisata Bugam Raya, Danau Gatal dan Danau Masaurayan, dll.
Begitupun beragamnya destinasi wisata Religi dan Sejarah disini, diantaranya adalah; Istana Lawang Kuning (Istana Kuning), Rumah Mangku Bumi, Makam Raja-raja Kotawaringin di Pangkalan bun, di Kecamatan Kotawaringin Lama, terdapat Astana Alnusari dengan Pa’agongannya, Masjid dan Makam Kyai Gede, Budaya daerah yang masih kental, dan lain sebagainya.

Disamping itu, berbagai jalur akses transportasi untuk menuju ke Kabupaten Kotawaringin Barat juga sangat mudah, dapat ditempuh melalui jalur udara, darat dan laut. Melalui udara, tersedia berbagai maskapai dengan pesawat dengan armada Boeing dari dan ke kota Besar yang ada Indonesia seperti Surabaya, Semarang, Jakarta dan lain sebagainya.

Lebih lanjut menurut Kadis Pariwisata Kotawaringin Barat, bagi investor yang ingin menanamkankan investasinya disektor Pariwisata ke Kabupaten Kotawaringin Barat, potensi untuk berkembang dan menguntungkan sangat terbuka lebar.

*(Gusti Imansyah)

About Kadispar

Drs. H. Gusti Imansyah, M.Si., menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat yang dulunya bernama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), dengan pangkat Pembina Utama Muda (IV/c) adalah juga generasi ke-4 keturunan dari Sultan Pangeran Paku Sukma Negara, Raja ke-XII Kerajaan Kutaringin. Sebelum menjabat sebagai Kadispar Kotawaringin Barat, pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Ktw. Barat, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Ktw. Barat, Camat Kumai, Camat Sukamara, Camat Kuala Jelai, Camat Balai Riam, Kepala Seksi Perumahan dan Pemukiman Dinas PMD Ktw. Barat, Kepala Bidang Pemeriksa Pemerintahan Pemda Barito Utara, Camat Sumber Barito, Barito Utara. Pernah menempuh pendidikan di : APDN Palangka raya, S2 Administrasi Negara, IIP Jakarta. Pengalaman Pendidikan dan Pelatihan : Diklat Kepemimpinan II di LAN Jakarta, Kursus Kepemimpinan di Pusdik Artileri Bandung selama 4 Bulan, Pendidikan Kemiliteran di Pusdik Infanteri Condet Jakarta. Pengalaman di Organisasi : Sebagai Ketua Kwartir Cabang Pramuka Ktw. Barat, sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Ktw. Barat.

Leave a Reply

error: Maaf! Konten kami proteksi!!