Beberapa waktu lalu tepatnya dibulan Mei 2020, Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020 mulai digelar. Anugerah Pesona Indonesia (API) Award merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap dunia  pariwisata Indonesia.Di samping itu penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak  terutama Pemerintah Daerah untuk lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing. Ada beberapa tahap yang harus dilalui dalam penyelenggaraan ajang ini, dimulai dari bulan Juni/Juli 2020 seleksi penentuan nominasi pariwisata seluruh Indonesia, Juli/Agustus 2020 jadwal pengumuman nominasi dan sosialisasi, Agustus/Desember 2020 jadwal campaign vote dan promosi pariwisata Indonesia, Januari/Februari 2021 jadwal closing dan pengumuman acara Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020.

Ada beberapa kategori dalam ajang API award 2020 ini. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Dinas Pariwisata berpartisipasi dalam ajang penganugerahan ini dan memilih “Coto Menggala” untuk diikutsertakan dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler. Coto menggala merupakan kuliner soto khas dari Kotawaringin Barat yang terbuat dari menggala. Menggala dalam bahasa lokal berarti singkong. Coto menggala dibuat dari singkong yang dipotong-potong lalu direbus dan dimasak dengan bumbu beserta suiran daging ikan atau ayam. Rasanya gurih dan segar.

Pada hari Selasa (9/2) melalui akun Instagram official @apiaward, Panitia Penyelenggara API award 2020 menyampaikan 3 nominasi terbaik yang menjadi Juara pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler, Coto menggala masuk dalam nominasi 3 terbaik. Selain itu yang masuk dalam nominasi 3 terbaik makanan tradisional terpopuler adalah Pendap dari Kab. Bengkulu Selatan dan Se’i dari Prov. Nusa Tenggara Timur.

Kadispar Kotawaringin Barat, Drs. Wahyudi, M.Si mengatakan sangat bersyukur bahwa Coto Menggala dapat masuk ke dalam kategori bahkan 3 besar skala nasional. “Alhamdulillah, tidak disangka-sangka Coto Menggala masuk ke dalam 3 besar, ini juga salah satu strategi branding kita ke tingkat nasional dalam hal memperkenalkan destinasi wisata dan kuliner khas yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat”, ujar Wahyudi.
Wahyudi berharap Coto Menggala tidak hanya ada di Kotawaringin Barat saja tapi bisa ada di daerah lain juga dan dinikmati oleh semua orang.

Panitia akan mengundang kehadiran pada Juara untuk hadir dan menerima penghargaan pada Malam Anugerah Pesona Indonesia 2020 (API 2020) yang rencananya akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.
Semoga dengan penghargaan ini, pariwisata di Kotawaringin Barat semakin maju dan berkembang. Mari dukung kebangkitan Pariwisata Kobar di tengah masa pandemi covid-19. Salam Pesona Indonesia.